6 Makanan Bantu Hilangkan Kecemasan

terapi kecemasanSerangan kecemasan sangat mungkin melanda orang-orang dimasa modern seperti ini. Dan jika pikiran-pikiran yang menimbulkan rasa kecemasan berlebih dapat membuat hidup Anda menjadi lebih sukar untuk dinikmati. Kecemasan akan menyedot energi Anda, mengalihkan Anda dari kehidupan nyata, dan membuat syaraf-sayaraf Anda menjadi selalu tegang.

Namun, ada beberapa hal yang dapat membantu terapi meredakan serangan kecemasan Anda. Seperti olahraga, contohnya. Istirahat yang cukup. Dan tentunya, berbicara dengan terapis. Namun, makanan yang Anda konsumsi juga dapat membantu mengurangi kecemasan tersebut.

Nutrisi tertentu dapat memepengaruhi reaksi kimia pada otak dan membantu Anda bangkit kembali dari kecemasan.

Dilansir dari The Stir, ditulis Rabu 9/12/2015, berikut adalah daftar pendek makanan yang harus ada di kulkas atau dapur Anda ketika kecemasan menyerang, menurut Susan Albers, PsyD, seorang Psikolog klinis di The Cleveland Clinic.

1. Cokelat hitam: Terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, namun cokelat hitam “membantu pelepasan zat kimia pendorong mood seperti dopamine dan serotonin,” jelas Albers. “Cukup dengan 1 ons cokelat (sekitar 1 atau 2 potongan cokelat) bisa secara ajaib menenangkan Anda.” Satu studi menemukan bahwa orang yang memakan 1 ½ ons perhari selama 2 minggu, dapat membantu mengurangi hormon stress mereka secara signifikan.

2. Bubur gandum: Bubur untuk sarapan dipagi hari ini dapat membantu Anda dalam dua cara. Pertama, serat yang terkandung didalamnya membantu gula darah Anda stabil sehingga And terhindar dari penurunan mood. Kedua, “karbohidrat kompleks berperan dalam pelepasan serotonin, yang mana memproduksi rasa ketenangan,” ujar Albers.

3. Bermacam jeruk: Ya, ini ada hubungannya dengan asupan vitamin C. Bahwa vitamin C dapat “menguatkan system kekebalan tubuh dan mengurangi hromon kortisol, yaitu hormon yang menyebabkan stress.” Pada satu studi lain, dosis besar vitamin C dapat mengurangi respon secara fisik dan mental terhadap stress.

4. Bayam: Ketika Anda mengalami stress, tekanan darah Anda akan meningkat. Bayam dapat membantu Anda dalam hal itu. “Bayam tinggi akan kandungan magnesium, yaitu zat yang berperan penting dalam mengatur dan menurunkan tekanan darah secara alami,” ujar Albers. Kekurangan magnesium diketahui berhubungan dengan kecemasan dan depresi.

5. Susu skim: Meminumnya digelas, atau mencampurnya dengan sereal, atau dengan cara apapun yang Anda suka, akan memberikan efek ketenangan pada Anda, ujar Albers. Susu juga terbukti dapat mengurangi stress yang berhuubungan dengan sindrom menstruasi atau PMS. Dan tentunya susu juga membantu Anda mendapatkan tidur lebih baik dimalam hari.

6. Alpukat: “Alpukat mengandung lemak sehat yang membantu pengaturan komunikasi syaraf dan membantu Anda berpikir lebih jernih,” jelas Albers. Kekurangan vitamin B juga dihubungan sebagai penyebab kecamasan, dan alpukat mengandung vitamin B yang tinggi.

Namun patut diingat, mengkonsumi makanan-makan diatas-bahkan jika dalam jumlah yang banyak-tidak serta merta dapat langsung menghilangkan kecemasan Anda. Jika rasa khawatair Anda mulai tidak terkontrol, mungkin Anda perlu merubah pola pikir negatif Anda. Dan pertimbangkanlah untuk menemui ahlinya jika kecemasan Anda mulai tidak terkontrol.

(sumber : health.liputan6.com)

< Previous Article
Manfaat Hipnoterapi
Next Article >
About the Author